Penggunaan layar sentuh teknologi untuk mengontrol perangkat elektronik pra-tanggal teknologi multi-touch dan komputer pribadi. Awal synthesizer dan pembangun instrumen elektronik seperti Hugh Le Caine dan Bob Moog bereksperimen dengan menggunakan sensor sentuh yang sensitif kapasitansi untuk mengontrol suara yang dibuat oleh instrumen mereka IBM mulai membangun layar sentuh pertama di akhir 1960-an, dan, pada tahun 1972, Kontrol Data yang merilis PLATO IV komputer, terminal yang digunakan untuk tujuan pendidikan yang mempekerjakan tunggal menyentuh titik dalam array 16x16 sebagai interface user-nya. Prototipe dari kapasitansi saling xy layar multi-sentuh (kiri) yang dikembangkan di CERN
Salah satu implementasi awal teknologi touchscreen kapasitansi saling dikembangkan di CERN pada tahun 1977 didasarkan pada layar sentuh kapasitansi yang dikembangkan pada tahun 1972 oleh insinyur elektronik Denmark Stumpe Bent . Teknologi ini digunakan untuk mengembangkan jenis baru antarmuka mesin manusia (HMI) untuk ruang kontrol Proton Synchrotron super akselerator partikel.
Dalam catatan tulisan tangan tertanggal 11 Maret 1972, disajikan Stumpe solusi nya diusulkan - capacitative layar sentuh dengan sejumlah tombol yang dapat diprogram tetap disajikan pada tampilan. Layar adalah terdiri dari satu set kapasitor terukir menjadi film dari tembaga pada selembar kaca, setiap kapasitor dibangun sehingga konduktor datar terdekat, seperti permukaan jari, akan meningkatkan kapasitas dengan jumlah yang signifikan. Kapasitor adalah untuk terdiri dari garis-garis halus terukir dalam tembaga pada selembar kaca - cukup baik (80 pM) dan cukup jauh (80 m) tidak terlihat (CERN Courier April 1974 p117). Dalam perangkat akhir, lapisan lacquer sederhana mencegah jari dari benar-benar menyentuh kapasitor.
Teknologi multi-touch dimulai pada 1982, ketika Universitas Toronto Grup Masukan Research mengembangkan manusia-input multi-touch pertama sistem. Sistem yang digunakan sebuah panel kaca buram dengan kamera ditempatkan di belakang kaca. Ketika jari atau jari menekan beberapa di atas kaca, kamera akan mendeteksi tindakan sebagai satu atau lebih bintik hitam pada latar belakang putih sebaliknya, memungkinkan untuk didaftarkan sebagai masukan. Karena ukuran titik tergantung pada tekanan (seberapa keras orang itu menekan pada kaca), sistem ini agak tekanan-sensitif juga.
Pada tahun 1983, Bell Labs di Murray Hill menerbitkan sebuah diskusi komprehensif layar sentuh antarmuka berbasis. Pada tahun 1984, Bell Labs direkayasa layar sentuh yang bisa mengubah gambar dengan lebih dari satu tangan. Pada tahun 1985, University of Toronto kelompok termasuk Bill Buxton mengembangkan tablet multi-touch yang digunakan kapasitansi besar daripada kamera berbasis sistem penginderaan optik.Sebuah terobosan terjadi pada tahun 1991, ketika Pierre Wellner menerbitkan sebuah makalah pada multi-touch "Meja Digital", yang didukung gerakan multi-jari dan mencubit.
Berbagai perusahaan diperluas penemuan-penemuan di awal abad kedua puluh satu. Perusahaan FingerWorks mengembangkan berbagai teknologi multi-sentuh antara tahun 1999 dan 2005, termasuk keyboard TouchStream dan Pad iGesture. Beberapa studi teknologi ini diterbitkan pada awal tahun 2000 oleh Alan Hedge , profesor faktor manusia dan ergonomi di Cornell University . Apple mengakuisisi FingerWorks dan multi-sentuhan teknologi pada tahun 2005. Paparan utama untuk teknologi multi-touch terjadi pada 2007 ketika iPhone mendapatkan popularitas, dengan Apple menyatakan bahwa mereka 'menciptakan multi touch' sebagai bagian dari pengumuman iPhone, namun keduanya fungsi dan istilah mendahului pengumuman atau permintaan paten, kecuali untuk daerah seperti aplikasi sebagai ponsel layar kapasitif, yang tidak ada sebelum FingerWorks / Apple teknologi (Apple mengajukan paten untuk tahun 2005-2007 dan dianugerahi dengan di 2009-2010). Publikasi dan demonstrasi menggunakan sentuhan multi-panjang oleh Jefferson Y.   Han pada tahun 2005 mendahului ini, tetapi Apple tidak memberikan multi-touch eksposur yang lebih luas melalui kerjasama dengan produk baru mereka dan yang pertama untuk memperkenalkan multi-touch pada ponsel perangkat. atas meja sentuhan Microsoft Platform Microsoft Surface , yang memulai pembangunan pada tahun 2001, berinteraksi dengan baik sentuhan pengguna dan perangkat elektronik mereka. Demikian pula, pada tahun 2001, Mitsubishi Electric Research Laboratories (Merl) memulai pengembangan sistem multi-sentuh, multi-user disebut DiamondTouch , juga didasarkan pada kapasitansi namun mampu membedakan antara pengguna simultan (atau lebih tepatnya, kursi-kursi di mana masing-masing pengguna duduk atau floorpad pengguna berdiri di); yang Diamondtouch menjadi produk komersial pada 2008. Skala kecil perangkat sentuh dengan cepat menjadi biasa, dengan jumlah telepon layar sentuh diperkirakan meningkat dari 200.000 dikirim pada tahun 2006 menjadi 21 juta pada 2012.
Multigesture adalah Pengembangan dari Touchpad dan Touchscreen yang memungkinkan Kita agar lebih nyaman Berinteraksi dengan komputer

Perlu diketahui jika Komponen dasar yang pasti dimiliki oleh alat input berbasis sentuh adalah Touch Sensor yang merupakan sebuah lapisan penerima input dari luar monitor dimana sangat tanggap dengan sentuhan, maka dari itu sensornya juga merupakan sensor sentuh. Biasanya sensor sentuh berupa sebuah panel terbuat dari kaca yang permukaannya sangat responsif jika disentuh. Touch sensor ini diletakkan di permukaan paling depan dari sebuah layar touchscreen, dengan demikian area yang responsif terhadap sentuhan menutupi area pandang dari layar monitor. Semua jenis sensor ini memiliki cara kerja yang sama, yaitu menangkap perubahan arus dan sinyal-sinyal listrik yang ada pada sensor tersebut, merekamnya dan mengubahnya menjadi titik-titik koordinat yang berada di atas layar, sehingga posisi tepat dari sebuah sentuhan dapat langsung diketahui dengan benar.
Sebenarnya Multitouch itu bisa dibilang memakai media input yang sama dengan touchscreen, yakni layar.Bedanya adalah dengan Multi-Touch kita bisa menggunakan beberapa jari sekaligus untuk melakukan sesuatu seperti melakukan Zoom in/ out dan juga memutar(rotate)gambar.

DAFTAR PUSTAKA
http://en.wikipedia.org/wiki/Multi-touch
http://www.techrepublic.com/blog/mac/lion-desktop-multi-touch-gestures-warrant-magic-track-
paduse/1462

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar