Penggunaan
layar sentuh
teknologi untuk mengontrol perangkat elektronik pra-tanggal teknologi
multi-touch dan komputer pribadi. Awal synthesizer dan pembangun instrumen
elektronik seperti Hugh
Le Caine dan Bob Moog
bereksperimen dengan menggunakan sensor sentuh yang sensitif kapasitansi untuk
mengontrol suara yang dibuat oleh instrumen mereka IBM
mulai membangun layar sentuh pertama di akhir 1960-an, dan, pada tahun 1972, Kontrol Data
yang merilis PLATO IV
komputer, terminal yang digunakan untuk tujuan pendidikan yang mempekerjakan
tunggal menyentuh titik dalam array 16x16 sebagai interface user-nya. Prototipe
dari kapasitansi saling xy layar multi-sentuh (kiri) yang dikembangkan di CERN
Salah
satu implementasi awal teknologi touchscreen kapasitansi saling dikembangkan di
CERN
pada tahun 1977 didasarkan pada layar sentuh kapasitansi yang dikembangkan pada
tahun 1972 oleh insinyur elektronik Denmark Stumpe Bent .
Teknologi ini digunakan untuk mengembangkan jenis baru antarmuka
mesin manusia (HMI) untuk ruang kontrol Proton
Synchrotron super akselerator partikel.
Dalam
catatan tulisan tangan tertanggal 11 Maret 1972, disajikan Stumpe solusi nya
diusulkan - capacitative layar sentuh dengan sejumlah tombol yang dapat
diprogram tetap disajikan pada tampilan. Layar adalah terdiri dari satu set
kapasitor terukir menjadi film dari tembaga pada selembar kaca, setiap kapasitor
dibangun sehingga konduktor datar terdekat, seperti permukaan jari, akan
meningkatkan kapasitas dengan jumlah yang signifikan. Kapasitor adalah untuk
terdiri dari garis-garis halus terukir dalam tembaga pada selembar kaca - cukup
baik (80 pM) dan cukup jauh (80 m) tidak terlihat (CERN Courier April 1974
p117). Dalam perangkat akhir, lapisan lacquer sederhana mencegah jari dari
benar-benar menyentuh kapasitor.
Teknologi
multi-touch dimulai pada 1982, ketika Universitas
Toronto Grup Masukan Research mengembangkan
manusia-input multi-touch pertama sistem. Sistem yang digunakan sebuah panel
kaca buram dengan kamera ditempatkan di belakang kaca. Ketika jari atau jari
menekan beberapa di atas kaca, kamera akan mendeteksi tindakan sebagai satu
atau lebih bintik hitam pada latar belakang putih sebaliknya, memungkinkan
untuk didaftarkan sebagai masukan. Karena ukuran titik tergantung pada tekanan
(seberapa keras orang itu menekan pada kaca), sistem ini agak tekanan-sensitif
juga.
Pada tahun 1983, Bell Labs di
Murray
Hill menerbitkan sebuah diskusi komprehensif
layar sentuh antarmuka berbasis. Pada tahun 1984, Bell Labs direkayasa layar
sentuh yang bisa mengubah gambar dengan lebih dari satu tangan. Pada tahun
1985, University of Toronto kelompok termasuk Bill Buxton
mengembangkan tablet multi-touch yang digunakan kapasitansi besar daripada
kamera berbasis sistem penginderaan optik.Sebuah terobosan terjadi pada tahun
1991, ketika Pierre Wellner
menerbitkan sebuah makalah pada multi-touch "Meja Digital", yang
didukung gerakan multi-jari dan mencubit.
Berbagai
perusahaan diperluas penemuan-penemuan di awal abad kedua puluh satu.
Perusahaan FingerWorks
mengembangkan berbagai teknologi multi-sentuh antara tahun 1999 dan 2005,
termasuk keyboard TouchStream dan Pad iGesture. Beberapa studi teknologi ini
diterbitkan pada awal tahun 2000 oleh Alan Hedge ,
profesor faktor manusia dan ergonomi di Cornell
University . Apple mengakuisisi
FingerWorks dan multi-sentuhan teknologi pada tahun 2005. Paparan utama untuk
teknologi multi-touch terjadi pada 2007 ketika iPhone
mendapatkan popularitas, dengan Apple menyatakan bahwa mereka 'menciptakan
multi touch' sebagai bagian dari pengumuman iPhone, namun keduanya fungsi dan
istilah mendahului pengumuman atau permintaan paten, kecuali untuk daerah
seperti aplikasi sebagai ponsel layar kapasitif, yang tidak ada sebelum
FingerWorks / Apple teknologi (Apple mengajukan paten untuk tahun 2005-2007 dan
dianugerahi dengan di 2009-2010). Publikasi dan demonstrasi menggunakan
sentuhan multi-panjang oleh Jefferson
Y. Han
pada tahun 2005 mendahului ini, tetapi Apple tidak memberikan multi-touch
eksposur yang lebih luas melalui kerjasama dengan produk baru mereka dan yang
pertama untuk memperkenalkan multi-touch pada ponsel perangkat. atas meja
sentuhan Microsoft Platform Microsoft
Surface , yang memulai pembangunan pada tahun 2001,
berinteraksi dengan baik sentuhan pengguna dan perangkat elektronik mereka.
Demikian pula, pada tahun 2001, Mitsubishi Electric Research Laboratories
(Merl) memulai pengembangan sistem multi-sentuh, multi-user disebut DiamondTouch ,
juga didasarkan pada kapasitansi namun mampu membedakan antara pengguna
simultan (atau lebih tepatnya, kursi-kursi di mana masing-masing pengguna duduk
atau floorpad pengguna berdiri di); yang Diamondtouch menjadi produk komersial
pada 2008. Skala kecil perangkat sentuh dengan cepat menjadi biasa, dengan
jumlah telepon layar sentuh diperkirakan meningkat dari 200.000 dikirim pada
tahun 2006 menjadi 21 juta pada 2012.
Multigesture
adalah Pengembangan dari Touchpad dan Touchscreen yang memungkinkan Kita agar
lebih nyaman Berinteraksi dengan komputer
Perlu
diketahui jika Komponen dasar yang pasti dimiliki oleh alat input berbasis
sentuh adalah Touch Sensor yang merupakan sebuah lapisan penerima input dari
luar monitor dimana sangat tanggap dengan sentuhan, maka dari itu sensornya
juga merupakan sensor sentuh. Biasanya sensor sentuh berupa sebuah panel
terbuat dari kaca yang permukaannya sangat responsif jika disentuh. Touch
sensor ini diletakkan di permukaan paling depan dari sebuah layar touchscreen,
dengan demikian area yang responsif terhadap sentuhan menutupi area pandang
dari layar monitor. Semua jenis sensor ini memiliki cara kerja yang sama, yaitu
menangkap perubahan arus dan sinyal-sinyal listrik yang ada pada sensor
tersebut, merekamnya dan mengubahnya menjadi titik-titik koordinat yang berada
di atas layar, sehingga posisi tepat dari sebuah sentuhan dapat langsung
diketahui dengan benar.
Sebenarnya
Multitouch itu bisa dibilang memakai media input yang sama dengan touchscreen,
yakni layar.Bedanya adalah dengan Multi-Touch kita bisa menggunakan beberapa
jari sekaligus untuk melakukan sesuatu seperti melakukan Zoom in/ out dan juga
memutar(rotate)gambar.
DAFTAR PUSTAKA
http://en.wikipedia.org/wiki/Multi-touch
http://www.techrepublic.com/blog/mac/lion-desktop-multi-touch-gestures-warrant-magic-track-
paduse/1462
0 komentar:
Posting Komentar